April 29, 2021 By technocoll.info 0

HAKI: Bisnis Anda

Banyak dari kita telah diperingatkan agar tidak melakukan plagiarisme. Namun, mencuri kekayaan intelektual seseorang lebih dari sekadar menyalin dan menempel informasi yang kemudian Anda klaim sebagai milik Anda. Luasnya kekayaan intelektual yang dilindungi oleh hukum mungkin lebih besar dari yang pernah Anda bayangkan. Untuk membantu mencegah properti Anda dicuri atau untuk mencegah Anda menggunakan informasi dilindungi haki orang lain secara tidak sengaja, berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Pertama, mari kita lihat perkembangan hukum tentang jenis properti ini. Pada tahun 1967, negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa membentuk Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia, atau WIPO, yang mempromosikan keseimbangan penghargaan atas kreativitas dengan hak publik atas sumber informasi tertentu. Manfaat memiliki organisasi internasional untuk melindungi dan mempromosikan kekayaan intelektual, atau IP, adalah bahwa semua negara anggota PBB dapat memperluas hak-hak ini kepada rakyatnya, dan mereka akan dihormati oleh orang-orang dari negara anggota PBB lainnya.

Ada daftar panjang item yang dilindungi di bawah WIPO. Pada dasarnya IP adalah buah dari kreativitas pikiran Anda, antara lain: gambar, simbol, nama, karya sastra atau artistik, ciptaan, dan desain. WIPO membagi IP menjadi dua jenis, industri dan hak cipta, untuk menyajikan gagasan dengan lebih baik. Menurut WIPO, IP industri memiliki penemuan / paten, merek dagang, desain industri, dan rendering geografis dari bahan sumber; Hak Cipta IP terdiri dari karya sastra atau seni apa pun, termasuk: novel, cerita pendek, lakon, puisi, musik dan lagu, foto, patung, gambar, dan denah arsitektur.

Dengan semua hal ini yang dapat dicuri dengan sengaja atau tidak sengaja, penting untuk mengetahui apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu melindungi kekayaan intelektual, baik milik Anda sendiri maupun milik orang lain. Banyak universitas sekarang meminta mahasiswanya untuk menandatangani dan mengakui formulir yang menggambarkan plagiarisme, atau mengambil ide atau kata-kata orang lain dan mempromosikannya sebagai milik Anda. Mereka harus setuju untuk tidak melakukan plagiarisme; jika ya, mereka menghadapi tindakan disipliner dari universitas, dan kemungkinan tindakan hukum dari pemilik IP.

Salah satu cara kami melawan pencurian IP adalah dengan mengutip sumber Anda dengan benar. Untuk proyek tertulis, presentasi Powerpoint, dll., Anda harus memberikan sumber Anda melalui metode yang diakui secara universal. Ini termasuk format Modern Language Association (MLA), format American Psychological Association (APA), Chicago, dan dokumentasi Turabian. Pada dasarnya, jika ragu, berikan penghargaan kepada sumber Anda.